11 Hari Ungkap 33 Kasus, Kapolres Makota Ingatkan 'Serangan' Narkoba. | Berita Terbaru Hari ini

11 Hari Ungkap 33 Kasus, Kapolres Makota Ingatkan 'Serangan' Narkoba.

  • 2019-02-08 penulis : Amanda Egatya
  • Editor :junaedi
  • dibaca :2538
11 Hari Ungkap 33 Kasus, Kapolres Makota Ingatkan 'Serangan' Narkoba. Sejumlah tersangka narkoba yang diamankan Polres Makota.(ipunk)

MALANG -Kapolres Malang Kota (Makota), AKBP Asfuri mengingat perlunya kian mawas terhadap peredaran narkoba. Disebutkan begitu lantaran hanya rentang waktu 11 hari dari 26 Januari - 6 Februari sudah terungkap 33 kasus dengan 34 tersangka yang ditangkap.

"Ini membuktikan Kota Malang masih menjadi sasaran peresaran narkoba, baik kalangan pelajar, mahasiswa dan umum," katanya dalam rilis di Mapolres, Jumat (8/2).

Dirincikan, dari jumlah 33 kasus yang berhasil di ungkap itu, terinci ada 13 orang berstatus pengedar dan 21 orang dikategorikan penyalahgunaan narkotika dan obat berbahaya. 

Sedangkan jumlah barang bukti yang berhasil terkumpul, yakni 181,9 gram sabu, 1,4 kg ganja, 230 butir ekstasi dan 9.559 pil dobel L. 

"Untuk minuman keras, sebanyak 37 kasus dengan barang bukti 1.367 botol miras dari berbagai jenis," urai dia.

Jika dipetakan lagi lanjut Asfuri, dari pengungkapan itu wilayah Polsek Lowokwaru yang paling banyak. Padahal, wilayah Polsek ini adalah lingkungan kampus dan tempat kos mahasiswa. 

"Ada sekitar 10 kasus di wilayah ini," terang Asfuri.

Asfuri mengungkapkan, dari hasil tangkapan kasus ini ada tiga orang berstatus mahasiswa. Mereka terkategori mengonsumsi.


Berkaca dari fakta ini Asfuri  mengimbau masyarakat Kota Malang untuk lebih waspada terhadap peredaran narkoba. Ia sangat berharap ada konsentrasi tersendiri terkait upaya sosialisasi dan pencegahan penggunaan narkoba di masyarakat secara terus-menerus. 

"Salah satunya tausiyah. Diharapkan ulama dan tokoh agama bisa ikut andil memberikan imbauan kepada jamaah. Juga kepada lingkungan di sekitarnya, keluarganya agar terhindar dari narkoba," kata dia.(tea/lim)


BERITA TERKAIT