Begini, Cara Bedakan Rhinitis Alergi dan Pilek Flu | Berita Terbaru Hari ini

Begini, Cara Bedakan Rhinitis Alergi dan Pilek Flu

Begini, Cara Bedakan Rhinitis Alergi dan Pilek Flu Ilustrasi Berkonsultasi ke Dokter

Klikapa.com - Kenali perbedaan antara rhinitis alergi dan pilek flu, supaya Kita tidak kesulitan untuk mengobatinya hingga tuntas.


Bagi yang alergi, membedakan mana pilek yang disebabkan oleh flu dan yang disebabkan oleh alergi adalah hal yang menyulitkan. Alhasil, obat yang diminum pun sering salah akibat salah membedakan antara rhinitis alergi dan pilek flu.


Terkadang, pilek flu dianggap sebagai rhinitis alergi sehingga yang dikonsumsi adalah antihistamin. Sedangkan saat rhinitis alergi terjadi, justru mengonsumsi obat flu. Kalau sudah begitu, pengobatan menjadi tidak efektif, bukan? Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi terus-menerus, kenali perbedaan antara rhinitis alergi dan pilek flu.


Perbedaan rhinitis alergi dan flu
Menurut dr. Atika, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membedakan antara rhinitis alergi dengan flu. Pada rhinitis alergi, biasanya gejala pilek terjadi lebih sering dan memiliki pola yang mudah terbaca. Misalnya, saat udara dingin atau saat berada di ruangan yang berdebu hingga lingkungan yang dipenuhi bunga. Sebelum hidungnya berair dan bersin-bersin, hidung penderita rhinitis alergi biasanya juga sangat gatal.


“Nah, ketika penderitanya menjauhi alergen, misalnya keluar dari ruangan berdebu, biasanya gejalanya akan hilang dengan cepat, tak perlu waktu berhari-hari. Rhinitis alergi tidak disertai banyak gejala lain layaknya pilek flu,” jelas dr. Atika.


Sedangkan pada pilek yang disebabkan oleh penyakit flu, keadaan ini tidak memiliki pola seperti rhinitis alergi. Flu menyerang secara acak, terutama saat kekebalan tubuh penderitanya menurun. Hidung dari penderita flu juga tidak segatal rhinitis alergi. Dan, pilek akibat virus influenza cenderung bertahan lebih lama ketimbang rhinitis alergi.


LIHAT JUGA


BERITA TERKAIT