Cafe Sawah, Wisata Desa di Malang Barat | Berita Terbaru Hari ini

Cafe Sawah, Wisata Desa di Malang Barat

  • 2018-11-27
  • Editor :goly
  • dibaca :2493
Cafe Sawah, Wisata Desa di Malang Barat Spot Selfi di Wisata Taman Pinus

KAWASAN barat Kabupaten Malang merupakan wilayah kaya potensi. Mulai dari pariwisata, peternakan hingga pertanian. Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon menjadi salah satu alternatif wisata alam berbasis kearifan lokal.


Dengan menyuguhkan keindahan alam, pegunungan dan pertaniannya mampu membius ribuan orang setiap tahunnya untuk berkunjung. Salah satu destinasi alternatif yang berada di Desa Pujon Kidul yakni Cafe Sawah. Sesuai dengan namanya, daya tarik yang disuguhkan tak lain adalah hamparan pertanian serta aktifitas keseharian warga.


Memang hal itu sudah hal yang lumrah di mata masyarakat desa. Namun bisa sangat menjual di mata masyarakat urban yang setiap harinya dijejal dengan kemacetan dan kesibukan kerja.


Manager Marketing Cafe Sawah Pujon Kidul, Ibadur Rochman mengatakan, Cafe Sawah Pujon Kidul menjadi pelopor wisata desa di Malang Barat. Terbukti tempat wisata yang dikelola Pokdarwis Capung Alas di bawah Bumdes Desa Wisata Pujon Kidul ini mampu memancing geliat di sekitarnya. Sehingga saat ini ada sekitar 6 wahana wisata yang dikelola warga di atas lahannya sendiri. Artinya ada pemasukan bagi Pemerintah Kabupaten Malang melalui pajak tiket.
"Sebagai pelopor desa wisata di Pujon Kidul menjadi kebanggan tersendiri. Cafe Sawah yang berdiri di lahan milik desa sekitar 700 meter persegi ini menyerap 158 tenaga kerja muda," ujar Rochman.


Sedangkan untuk tenaga kerja di luar Cafe Sawah atau wahana wisata milik masyarakat mampu menyerap sekitar 300 tenaga muda. Banyaknya tenaga kerja yang terserap itu juga tidak lepas dari kunjungan wisatawan hingga lembaga pemerintahan yang melakukan studi banding.
"Tercatat untuk weekday rata-rata kunjungan


BERITA TERKAIT